Tuesday 15 December 2015

Penggolongan Makhluk Hidup (Kelas 3 SD)

A.      Penggolongan Hewan
(1)    Berdasarkan Tempat Hidupnya
Sapi, kerbau, ayam, kelinci, dan bebek hidup di darat. Ikan hidup di air,  katak, buaya, dan kadal hidup di darat dan di air. Burung hidup di darat.
(2)    Berdasarkan penutup tubuhnya
Hewan bersisik (ular dan ikan), hewan berbulu (ayam, burung, itik, angsa), hewan berambut (kucing, monyet, beruang, singa), cangkang (siput, kura-kura),
(3)    Berdasarkan cara bergeraknya
Berjalan (kucing, kuda, anjing), terbang (burung, kupu-kupu, capung, lalat), merayap (cecak, ular, cacing), berenang (ikan), melompat Katak dan kelinci.
(4)    Berdasarkan cara berkembang biak
Ovipar, Vivipar, Ovovivipar (ular).
(5)    Berdasarkan cara bernafas
Insang (Ikan), paru-paru (anjing, paus, kucing), kulit (cacing tanah), trakea (kupu-kupu, lebah, semut), paru-paru dan kulit (katak)
(6)    Berdasarkan jenis makanannya (karnivora, insektivora(katak dan cecak), herbivora, dan omnivora).

B.      Penggolongan Tumbuhan
(1)    Berdasarkan tempat hidupnya
Pohon kelapa, padi, anggrek, mawar, melati, jagung, ketela, dan pohon pisang tempat hidupnya di darat. Teratai, eceng gondok, dan kangkung tempat hidupnya di air.
(2)    Berdasarkan bentuk daunnya
(a) Bentuk daun oval/meyirip, yaitu bagian tengah daun lebih lebar dibandingkan bagian atas dan bawahnya, misalnya daun mangga, jambu, rambutan, dan durian. (b) Bentuk daun jantung/ melengkung, yaitu bentuknya seperti jantung, misalnya daun eceng gondok dan daun sirih. (c) Bentuk daun menjari atau seperti jari, misalnya daun singkong dan daun pepaya. (d) Bentuk daun memanjang/sejajar, yaitu helaian daun memiliki lebar yang sama misalnya pandan, jagung, dan padi.
(3)    Berdasarkan bentuk batangnya
Tumbuhan yang tinggi, seperti pohon kelapa dan mangga, memiliki batang yang besar, tinggi, dan keras (karena ada kambium). Adapun tumbuhan yang pendek, biasanya, memiliki batang yang kecil, pendek, dan lunak (kangkung, bayam).

(4)    Berdasarkan jenis akarnya

Akar bagi tumbuhan sangat penting karena berfungsi untuk menyerap air dan Makanan dari dalam tanah. Pada beberapa tumbuhan, seperti wortel dan ketela pohon, akar berfungsi sebagai penyimpan cadangan makanan. Ada dua jenis akar, yaitu akar serabut dan akar tunggang. Akar serabut (monokotil) tidak memiliki akar utama dan setiap bagian akar besarnya sama (kelapa, jagung, bawang merah, lengkuas, nanas, padi, pinang, melinjo, salak, tebu). Akar tunggang (dikotil) adalah akar utama yang berukuran besar dan memiliki akar cabang (kacang tanah, jeruk, belimbing, jambu air, mangga, durian, mahoni, beringin, jati, anggrek, rambutan).

No comments:

Post a Comment